Ikan "Babon" Waduh Jati Barang

Belum resmi di buka setahun ikan di waduh Jati Barang sudah mulai tumbuh besar, hal ini dibuktikan dari para pemancing yang berhasil menangkap beberapa indukan atau ikan besar dari berbagai jenis mulai dari ikan emas (Carper), ikan Lele dan ikan Kutuk (Gabus). Bisa dibayangkan dalam jangka waktu lebih dari setahun jumlah ikan "Babon" akan bertambah banyak.

Waduk Jati Barang yang terletak di Goa Kreo memang sedikit berbeda bila dibandingkan dengan waduk lainnya di Jawa Tengah, oleh Pemerintah Kota Semarang waduk ini tidak boleh di Jala, Setrum dan aktifitas lainnya yang dapat mengurangi jumlah ikan dalam jumlah besar. Satu-satunya yang diperbolehkan adalah dengan memancing. Bagi para pemancing hal ini merupakan kabar yang menggembirakan, jumlah ikan tetap terjaga dengan baik.

Ikan Lele pada gambar dibawah ini diambil disalah satu spot waduk Jati Barang sebelah utara atau mendekati bendungan untuk menuju spot mancing ini dapat dilihat di sini. Tepat dibelakang foto ini adalah gundukan tanah yang hanya terlihat pada musim panas atau pada saat debit air menurun, namun pada saat debit air tinggi pada musim penghujan spot ini akan tertutup.


Galang Blacck Dengan Ikan Lele hasil Tangkapan 

Masih pada Spot yang sama jenis ikan Mas juga berhasil di tangkap oleh pemancing dari Semarang, Jenis ikan ini terkenal susah untuk dipancing dengan umpan hidup. Untuk teknik memancing ini menggunakan umpan mainan (Popper, Tm Frogy, Minnow Tm) sama seperti teknik mancing untuk lele pada gambar pertama. 


Terakhir yang sudah cukup familier adalah ikan Gabus (Kutuk) dengan spot yang sama. Ikan gabus ini dipancing dengan teknik mancing sama yaitu dengan umpan Kodok-kodan an. 



Anda tertarik? Silakan datang langsung ke Waduk Jatibarang kota Semarang. Gratis dan pastikan kendaraan terjaga keamanannya. Untuk spot mancing diatas hanya dapat ditempuh dengan kendaraan roda dua hingga ke pinggir spot mancing. Jika menggunakan kendaraan roda empat ada baiknya titipkan ke bagian satpam atau rumah penduduk yang terletak di pintu masuk atau gerbang waduk Jati Barang.

Alt/Text Gambar

1 comments:

Post a Comment