Spot Mancing Waduk Bade Boyolali

Secara pribadi Saya memiliki kenangan tersendiri dengan waduk Bade, untuk pertama kali Saya memiliki hobi memancing dengan taraf "Gila" hampir bisa dipastikan dalam seminggu bisa dua sampai tiga kali mancing di sana. Semua pemancing tentu sepakat mancing adalah "candu", di waduk Bade inilah untuk pertama kali Saya bisa merasakan sensasi memancing yang membuat ketagihan hingga sekarang.

Mancing bagi Saya bukan hal yang baru, waktu masih duduk dibangku SD hingga menginjak SMP mancing adalah bobi yang sudah biasa saya lakukan terutama pada hari libur. Saat bulan puasa intensitas memancing biasanya lebih sering bila dibandingkan dengan hari-hari biasa untuk mengisi waktu menunggu buka puasa. Biasanya lokasi mancing hanya di sungai tidak jauh dari tempat tinggal saya di Salatiga, jenis ikan yang didapat umumnya sama dengan sungai kecil di desa desa lainnya di jawa; ikan putihan atau yang di jawa lebih dikenal dengan ikan Wader atau Keprek atau Cethol, ikan Lele, Tawes, Udang hingga Gabus Kecil.

Waduk Bade dari spot Bendungan

Bila dibandingkan dengan mancing di sungai, mancing di waduk Bade tentu saja berbeda dari jenis ikan terutama ukuran dan sensasi mancing yang dirasakan, mancing di waduk Bade juga sekaligus untuk refreshing setelah enam hari menjalani kuliah di kota Semarang. 

Dari tempat tinggal saya di Salatiga waduk Bade berjarak kurang lebih 30 KM, lokasi waduk berada di desa kecamatan Klego yang masuk wilayah Kab. Boyolali sekitar 5 Km dari Karang gedhe. Bila dibandingkan dengan Kota Boyolali jarak antara waduk Bade dengan tempat tinggal saya relatif lebih dekat karena waduk ini berada di perbatasan utara dengan Kab, Semarang. Jarak waduk Bade dengan kota Boyolali sejauh hampir 50 KM.

Jarak waduk Bade dari kota Salatiga

Jarak waduk Bade dari kota Boyolali

Jenis ikan yang ada diwaduk Bade hampir sama dengan waduk lainnya di Jawa, yang utama atau menjadi buruan para pemancing adalah ikan Munjair / Nila, ikan Kutuk, ikan karper. Khusus di waduk Bade memang jarang ditemui ikan predator seperti bawal.

Perahu Sewa di waduk Bade

Untuk Spot mancing diwaduk Bade ada 3 titik, namun pada tulisan ini akan saya bahas dua saja yang nerupakan titik spot favorit para pemancing. Spot pertama ada di Bendungan, sementara untuk yang kedua sebelum bendungan. Untuk memancing di Bade sudah disediakan perahu dengan perlengkapan yang memadahi sehingga terhindar darti terik panas dan hujan. Untuk kedua sport mancing ikan diwaduk Bade akan saya bahas pada artikel berikutnya.

Alt/Text Gambar

Post a Comment