Spot Mancing Nila di Tembalang Kota Semarang

Dulunya spot mancing di Tembalang ini adalah area persawahan dan difungsikan juga untuk daerah resapan air di wilayah Tembalang. Seiring perkembangan Tembalang sebagai daerah kampus ternama yaitu Universitas Diponegoro dan dibangunnya satu universitas baru yaitu Universitas Pandanaran, areal persawahan ini berubah menjadi kubangan dengan kedalaman berkisar 1,5 M dengan area genangan yang semakin mengecil. 

Universitas Diponegoro yang pada tahun sebelum 2011 masih menempati tiga tempat yang berbeda yaitu kampus Pleburan, Kampus tembalang dan kampus Kedokteran di rumah sakit Kariyadi, pada awal tahun 2011 mulai di pindahkan secara bersama terpusat di Tembalang. Perpindahan mahasiswa dari dua tempat membawa dampak besar bagi kecamatan Tembalang atau area sekitar kampus Undip Tembalang; Perumahan, ruko dan kos-kosan mulai tumbuh pesat membawa dampak juga terhadap daerah resapan yang sekarang mulai mengecil menjadi kawasan perumahan dan kos-kosan.


Karena area genangan air ini sudah di miliki oleh pengembang perumahan secara otomatis areal persawahaan sudah berubah fungsi menjadi tanah lapang yang tetap dibiarkan oleh pihak pengembang. Oleh warga sekitar area genangan ini di tanami bibit ikan dengan maksud untuk sarana rekreasi memancing, sekian tahun dibiarkan jumlah ikan semakin lama semakin bertambah, beberapa jenis ikan khas air tawar seperti Munjair, Gabus (kutuk), Lele, Sepat tumbuh dan berkembang biak digenangan seluas kurang lebih 0.5 Hektar ini. 

Jika Anda tertarik mencoba memancing di genangan air Tembalang ini, silahkan ikuti petunjuk yang berada di peta dibawah ini.


Peta yang diberi lingkaran merah adalah lokasi spot mancing. Untuk menuju lokasi dapat ditempuh dengan dua jalur. Dari arah selatan atau banyu manik setelah jembatan tol Tembalang ambil jalur kiri ke arah kampus Undip atau Unpand, lihat tower besar sebelah kiri jalan, dari tower kurang lebih 50 M sebelah kiri jalan tepat di samping warung mie ada jalan masuk yang tidak diaspal. Sebagai pertanda sebelah kanan jalan ada bengkel las, ikuti saja jalur hingga sampai di tepi spot mancing Tembalang ini.

Dari arah utara setelah kampus Polines arah ke kampus Undip pertigaan besar depan Indomaret ambil jalur kanan (Jl. Sirojudin) ke arah kampus Unpand. Masuk dari kampus Unpand atau lurus ikuti jalur dari arah selatan.




Jika Anda tidak tahan panas, cobalah di spot mancing tepat dibawah tower, untuk menuju lokasi lihat saja tower besar yang berada tepat di pinggir jalan, untuk spot dibawah tower lokasi lebih sempit dan parkir sepeda motor juga sempit, kondisi motor tidak bisa diawasi secara langsung.

Untuk mancing di tembalang ini gunakan teknik mancing dengan umpan lumut atau cacing. Untuk lumut atur jarak antara mata pancing dengan pelambung sepanjang kurang lebih 30-50 Cm. Untuk umpan cacing gunakan teknik lempar ke tengah dengan atau tanpa pelampung. Ukuran ikan rata-rata antara 2-5 Nyari relatif lebih banyak yang 3 nyari, Jika Anda beruntung umpan cacing bisa mendapat ikan kutuk atau ikan lele.

Alt/Text Gambar

Post a Comment