Umpan Lumut Untuk Mancing Jenis Ikan Munjair

Sudah umum diketahui oleh para pemancing terutama spot ikan air tawar seperti waduk, rawa jenis umpan lumut sangat cocok untuk memancing jenis ikan Nila atau Munjair. Tidak hanya jenis ikan Munjair untuk jenis ikan lain seperti ikan Putihan juga bisa namun tidak sebagus ikan Munjair.

Bila Anda pernah mencoba spot mancing di Rawa pening, sudah umum diketahui bahwa jenis umpan yang digunakan disana hanya lumut dengan metode memancing dengan pelampung. Meskipun jenis ikan di Rawa pening cukup bervariasi namun kebanyakan pemancing lebih menyukai ikan Munjair. Untuk Anda yang terbiasa memancing dengan umpan mainan bisa mencoba teknik casting untuk mendapatkan jenis ikan Gabus.

Lumut yang di gunakan untuk memancing secara umum ada dua jenis, secara penampilan fisik, warna, ukuran hampir sama, namun yang membedakan hanya dari tekstur nya saja. Ada dua jenis tekstur yaitu halus dan kasar, biasanya dua jenis lumut ini jika di pegang strukturnya halus untuk jenis lumut halus, sementara jenis lumut kasar tekstur nya lebih kasar. 

Jenis lumut kasar menjadi favorit para pemancing kenapa demikian karena struktur yang keras sehingga lumut ini tidak mudah mati, sementara untuk lumut halus jika proses perlakukan sebelum digunakan benar tidak cepat mati. Umumnya lumut cenderung cepat busuk atau mati dikarenakan adanya kotoran atau beberapa lembar lumut dalam kondisi mati namun tidak segera dihilangkan akibatnya kumpulan yang lainnya tertular menjadi mati atau busuk.


Untuk mendapatkan jenis lumut halus realtif lebih mudah, cari disawah atau sumber mati air dimana air selalu dalam kondisi stabil, sebagai contohnya bisa lihat di kolam sumber mata air dibawah ini.


Sementara untuk lumut kasar bisa didapatkan di sumber air atau sungai dimana air mengalir sepanjang tahun, biasanya di bawah bendungan sungai. Untuk mengumpulkan lumut gunakan serok atau dengan batang kayu yang diputar-putar.

Untuk cara menggunakan lumut sebagai umpan ikan Munjair atau Nila, silahkan lihat video dibawah ini :


Alt/Text Gambar

Post a Comment