Trik Mancing Ikan Nila di Waduk Jatibarang Semarang

Sejak di resmikan 5 Mei 2014 waduk Jatibarang kini menjadi obyek wisata sekaligus tempat memancing bagi warga kota Semarang dan kota-kota di sekitar Semarang. Lokasi waduk yang berada di komplek wisata goa Kreo menjadikan waduk ini menjadi cepat populer. Tidak salah jika waduk Jatibarang bisa menjadi alternatif wisata alam untuk Anda yang akan berkunjung ke kota Semarang.

Lokasi bendungan waduk dengan luas daerah tangkapan 54 kilometer persegi, luas genangan 184 hektare, muka air maksimum 155,30 meter ini berada di Desa Kandri, Kecamatan Gunungpati, Kota Semarang, Jawa Tengah. Waduk dengan struktur tanah perbukitan pada awalnya adalah aliran sungai besar yang mengairi persawahan di kana dan kiri aliran sungai. 

Aliran sungai besar sebelum berubah fungsi menjadi waduk Jatibarang

 Struktur Tanah Perbukitan di Waduk Jatibarang.

Jika melihat struktur tanah perbukitan di Waduk Jatibarang yang berarti berupa cekungan dengan dasar waduk adalah tanah lapang atau sawah maka teknik mancing lempar ke dasar waduk dapat dilakukan namun cara ini membutuhkan dasar yang bebas dari tumbuhan penghalang agar senar tidak menyangkut di tumbuhan. Untuk dapat melakukan teknik mancing lempar ke dasar waduk tentunya perlu waktu 2-3 tahun lagi di karenakan saat ini jenis tumbuhan ilalang yang ada di dasar waduk belum mati sepenuhnya sehingga bisa menjadi penghalang senar.

Untuk teknik macing yang umum dan sudah biasa di terapkan di waduk atau rawa adalah teknik mancing dengan pelampung dengan umpan Lumut. Untuk teknik ini bisa di terapkan di waduk Jatibarang namun Anda harus mencari spot di pinggir waduk dengan kedalaman berkisar antara 3 - 5 meter, lokasi yang cocok untuk spot ini bisa di cek disini. Jenis ikan yang diperoleh dengan teknik ini adalah ikan Nila, untuk varisi jenis ikan lain seperti ikan Putihan Anda bisa mencoba dengan teknik yang sama namun gunakan umpan jenis lain seperti pelet atau Laron.

Jika Anda terbiasa dengan tekik casting cara ini juga cocok sekali di terapkan di waduk Jatibarang, lokasi spot yang bersemak semak pada pinggiran waduk serta masih sedikitnya penduduk sekitar waduk yang memanfaatkan waduk untuk menebar jala ikan sehingga sama sekali tidak ada gangguan. Untuk jenis custing ini ikan yang akan di peroleh adalah Kutuk, bawal dan Lele.

Alt/Text Gambar

Post a Comment